Cara Menjahit Kebaya Untuk Acara Pesta

Posted on

Acara pesta bisa anda hadiri dengan menggunakan kebaya, terlebih jika acara tersebut berupa pesta pernikahan. Perlu diketahui, kebaya memang termasuk busana wanita yang bisa digunakan untuk menghadiri acara resmi dan semi formal. Perbedaan kebaya untuk acara pesta dengan kebaya lainnya bisa dilihat dari jahitannya. Lebih jelasnya, anda simak saja ulasan mengenai cara menjahit kebaya untuk acara pesta di bawah ini.

Cara Menjahit Kebaya Pesta

Untuk membuat kebaya pesta, anda bisa memulainya dengan merancang desain atau pola dasar kebaya terlebih dahulu. Setelah itu, anda lanjutkan dengan memotong bahan. Dalam hal ini, anda perlu melakukan teknik pecah pola. Terdapat dua macam pilihan kebaya yang perlu anda buat, yaitu kebaya dengan jenis modern dan kebaya Kartini. Kedua jenis kebaya ini memang sangat cocok untuk menghadiri acara pesta.

Kebaya Kartini mempunyai panjang kebaya sampai menutupi pinggul. Jenis kebaya ini juga mempunyai lipatan di bagian dada. Kemudian untuk kebaya modern mempunyai ciri-ciri tambahan kain di bagian kiri dan kanan kebaya. Tak hanya itu, kebaya ini juga mempunyai tambahan kain di bagian perut. Dalam menjahit kebaya ini, anda harus mencermati serat kainnya ketika memotong kain untuk busana kebaya. Hal ini dikarenakan jika salah memotong kain, maka kebaya yang dijahit nantinya tak pas atau kurang cantik.

Apabila anda membuat kebaya modern maupun kebaya Kartini dengan bahan brokat, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Salah satunya ialah daya mulur. Saat menjahit brokat yang mempunyai daya mulur cukup tinggi, alangkah baiknya anda memberikan garis atau pola di bagian bahu dan bagian badan lainnya dengan dikurangi 1 cm dari ukuran pola yang telah dibuat di media kertas sebelumnya. Apabila sudah, maka hasil yang diberikan untuk ukuran badan didapat secara keseluruhan berkurang 4 cm. Hal tersebut sangat penting supaya memberikan baju yang pas sesuai dengan bentuk tubuh anda.

Mengingat brokat mempunyai tekstur berpori yang tipis, maka saat anda membuat garis rader, pastikan anda hindari penggunaan rader yang bergerigi. Hal ini dilakukan untuk minimalisir kerusakan pada kain brokat yang anda jahit tersebut. Dalam membuat kebaya dengan kain brokat, anda bisa menggunakan kampuh balik atau kampuh kostum. Dengan begitu, jahitan yang dihasilkan bisa terlihat lebih rapi dan indah dari luar.

Saat menjahit, pastikan anda menggunakan alas berupa kertas koran di bagian bawah kain kebaya. Dengan begitu, hasil jahitan tak akan mengkerut. Jika sudah selesai, ada baiknya jangan anda menyetrika kebaya brokat. Hal ini dikarenakan kain brokat tak tahan terhadap panas. Cara menjahit kebaya brokat memang tak semudah bahan lainnya. Namun, jika anda melakukannya secara benar, maka hasil yang didapat akan sangat memuaskan.

Incoming search terms: