Penyebab Hubungan Suami Istri Tidak Harmonis

Posted on

Setiap pasangan yang telah menikah tentu saja menginginkan agar hubungan asmara dengan pasangannya bisa langgeng dan terus bertahan bahkan hingga maut memisahkan keduanya. Akan tetapi perlu diketahui sebelumnya bahwa menjaga hubungan pernikahan agar tetap harmonis tidaklah semudah yang dibayangkan karena Anda akan menemukan berbagai macam masalah dan rintangan yang harus dihadapi selama menjalani kehidupan rumah tangga sehingga hal tersebut akan memicu terjadinya konflik.

Konflik yang terjadi dalam kehidupan rumah tangga memang merupakan suatu hal yang sangat lumrah terjadi dan pasti pernah dialami oleh setiap pasangan yang telah menikah. Bahkan ada banyak orang yang menganggap bahwa konflik bisa diibaratkan sebagai bumbu yang justru akan mempererat hubungan asmara. Akan tetapi konflik yang sangat sering terjadi tentu saja akan membuat hubungan asmara antara suami dan istri menjadi renggang dan tidak harmonis, oleh karena itulah maka sebaiknya Anda mengetahui beberapa penyebab hubungan suami istri yang tidak harmonis.

Penyebab Hubungan Suami Istri Tidak Harmonis

  1. Mulai Merasakan Kejenuhan

Hal pertama yang seringkali menjadi penyebab dari hubungan yang tidak harmonis dalam rumah tangga adalah adanya kejenuhan. Pada umumnya hal ini terjadi pada pasangan suami istri yang telah lama menjalin hubungan pernikahan, terlebih lagi apabila kehidupan rumah tangganya terlau monoton sehingga akan merasakan kejenuhan yang pada akhirnya membuat hubungan menjadi tidak harmonis.

  1. Masalah Ekonomi

Penyebab kedua dari hubungan suami istri yang tidak harmonis yaitu adanya masalah ekonomi. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa masalah ekonomi seperti misalnya pendapatan suami yang jumlahnya sedikit sehingga belum bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga memang akan bisa menimbulkan terjadinya konflik yang membuat suasana menjadi tidak harmonis, bahkan berujung pada perceraian.

  1. Keadaan Fisik Pasangan

Hal ketiga yang juga menjadi penyebab dari hubungan yang tidak harmonis dalam kehidupan rumah tangga adalah keadaan fisik pasangan. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kondisi fisik yang menarik memang menjadi salah satu faktor utama mengapa seseorang mau menikahi pasangannya. Akan tetapi jika pasangan tidak bisa menjaga keadaan fisiknya setelah menikah, maka hal ini akan bisa menjadikan hubungan tidak harmonis.

  1. Kurang Komunikasi

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa komunikasi merupakan faktor yang sangat penting dalam menjalin sebuah hubungan asmara dengan pasangan di mana hubungan yang harmonis tercipta dari komunikasi yang dijalin secara baik oleh kedua belah pihak. Apabila kedua belah pihak yakni suami dan istri tidak bisa menjalin komunikasi dengan baik, maka tentu saja akan membuat hubungannya tidak harmonis.

  1. Membuat Keputusan Tanpa Kesepakatan

Hal lainnya yang juga bisa membuat hubungan suami istri menjadi tidak harmonis yaitu membuat keputusan secara sepihak. Padahal perlu diketahui bahwa setelah Anda menikah, maka segala hal yang berkaitan dengan kehidupan rumah tangga haruslah diputuskan dengan kesepakatan yakni melibatkan pasangan untuk mengambil keputusan sehingga tidak ada pihak yang kecewa.

Setiap pasangan tentu saja akan mendambakan hubungan yang selalu harmonis, oleh karena itulah sebaiknya Anda mengetahui penyebab ketidakharmonisan dalam rumah tangga.