Toko Kebaya Encim Kain Katun Puting Tulang PNS Solo di SoloKebaya.Net

Posted on

STOK HABIS

Kebaya Encim Puting Tulang PNS Solo – Kalangan pegawai negeri sipil (PNS) Pemkot Solo memberikan tanggapan yang bervariasi soal pemakaian busana tradisional Jawa yang akan diberlakukan setiap hari Kamis mulai bulan Februari mendatang.
Salah satu seorang PNS, Budiman mengatakan mendukung program yang tujuannya untuk nguri-uri budaya Jawa tersebut, asal modelnya dan desainnya menyesuaikan agar tidak menyulitkan dalam menjalankan pekerjaan. “Untuk nguri-uri budaya Jawa ya mestinya memang harus dimulai dari abdi masyarakat sebagai kemudian ditularkan kepada masyarakat. Mungkin awalnya memang akan banyak keluhan, sulit, ribet, repot dan macam-macam keluhan lainnya. Tapi lama-lama pasti akan terbiasa sehingga akan terasa seperti memakai baju biasa,” ujarnya.
Berbeda dengan Budiman, PNS lainnya, Ayu mengaku agak keberatan dengan program pemakaian busana tradisional Jawa sebagai pakaian kerja sepekan sekali itu. Sebagai PNS yang bekerja di lapangan dan tiap hari harus keliling dari kampung ke kampung, dia membayangkan dirinya akan kesulitan ketika memakai kebaya dan kain jarik.
“Okelah kalau tujuannya untuk nguri-uri pakaian tradisi. Tapi kalau untuk pakaian kerja sepekan sekali saya harap itu bisa dipertimbangkan kembali terutama untuk PNS perempuan yang sehari-hari berkeliling seperti saya. Ribet saat harus naik turun motor,” jelasnya.
Di samping itu, alasan keberatan Ayu yang lain karena pakaian itu harus dibeli sendiri. Dari yang diketahuinya, Ayu mengatakan kebaya dan kain itu biasanya harganya mahal. Kalau ada subsidi dari Pemkot mungkin bisa lebih ringan.
Pemkot Solo membuat gebrakan dalam upaya mencegah busana tradisional Jawa dari kepunahan dengan menjadikannya pakaian kerja sepekan sekali. Seperti diperagakan oleh beberapa model di hadapan peserta rapt staf di Balai Tawangarum Kompleks Balaikota, Senin (30/1/2012), pakaian itu terdiri atas kebaya warna putih tulang lengkap dengan kuthu baru yang menandakan ciri khas kebaya Solo dan kain jarik untuk PNS perempuan dan beskap landung, kain jarik dan blangkon untuk PNS laki-laki. (sumber)

Leave a Reply